UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG
Mata Kuliah adalah satuan pelajaran yang diajarkan dan dipelajari oleh mahasiswa di tingkat perguruan tinggi yang disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dibebankan padanya, berisi materi pembelajaran, bentuk dan metoda pembelajaran, penilaian, serta memiliki bobot minimal satu Satuan Kredit Semester (SKS). Mata Kuliah di MT-UBL terdiri atas Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Konsentrasi. Mahasiswa tak wajib mengambil semua mata kuliah Konsentrasi. Sebaliknya, mahasiswa harus mengambil seluruh Mata Kuliah Wajib. Dalam menempuh kuliah, mahasiswa MT-UBL perlu menyelesaikan paling 42 SKS mata kuliah untuk lulus. Total 42 SKS tersebut terbagi antara Mata Kuliah Wajib dan Mata Kuliah Konsentrasi.
Mata Kuliah Wajib merupakan Mata Kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk mencapai nilai target kelulusan. Adapun jumlah SKS Mata Kuliah Wajib yang harus ditempuh dalam MT-UBL yaitu berjumlah 9 Mata Kuliah dengan jumlah 30 SKS.
Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan menggunakan analisa secara matematis, menelaah suatu teorema serta menerapkannya pada masalah dalam bidang Teknik Sipil. Matakuliah ini juga membahas tentang metode atau teknik untuk mengkonstruksi model matematika dari fenomena yang akan dikaji menggunakan hukum-hukum yang mengendalikan fenomena tersebut serta memberikan pengetahuan terkait dasar-dasar statistika yang diperlukan dalam tingkat sarjana program studi Magister Teknik Sipil, yaitu tentang fungsi,penyajian dan pengolahan data, serta memahami model statistik dalam analisis data.
Mata kuliah Fenomena Teknik Sipil ini merupakan salah satu matakuliah wajib yang mengkaji tentang konsep dasar Klasifikasi tanah dan rekayasa untuk tanah dasar, Perbaikan tanah, eksplorasi tanah serta material untuk perkerasan jalan.
Mekanika terapan merupakan ilmu yang mempelajari yang berhubungan dengan gaya dan gerak. Mekanika terapan terdiri dari statika, dinamika serta hidrodinamika. Statika pada ilmu mekanika adalah ilmu yang berhubungan dengan analisis dan gaya yang bekerja pada suatu benda yang bekerja pada suatu sistem yang diam/statis dan setimbang.
Manajemen Rekayasa adalah penggabungan dari keilmuan teknik atau rekayasa (engineering) dengan ilmu manajemen yang diaplikasikan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dalam suatu sistem kompleks.
Mata kuliah ini membelajarkan tentang pentingnya aspek pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup dalam perencanaan dan pengelolaan suatu Kegiatan, Rencana, Program serta Proyek dalam rangka pembangunan berkelanjutan (sustainable development), yang meliputi penguasaan untuk memaknai teori tentang ekosistem, menganalisis fakta kerusakan lingkungan akibat pembangunan, upaya pengelolaan dan pelestarian lingkungan, norma-norma lingkungan, menerapkan etika lingkungan, manajemen lingkungan, teknologi ramah lingkungan, serta mengaudit dokumen lingkungan hidup/ audit lingkungan, mekanisme sistem konstruksi bersih (cleaner construction) pemantauan dan pengelolaan jejak karbon [carbon foot-print] dan dokumen lingkungan hidup.
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa dalam meningkatkan apresiasi dan internalisasi nilai-nilai etika secara umum dan etika profesi teknik sipil secara khusus. Mahasiswa mempelajari kode etik dan moralitas dalam berprofesi. Memahami profesi, pengetahuan teknik sipil, serta organisasi profesi terkait. Menerapkan penulisan artikel dengan baik dan benar, sesuai dengan kode etik dan persyaratan terkait Hak Kekayaan Intelektual.
Mata kuliah ini berisi tentang pengetahuan manajemen strategi, pengetahuan manajemen strategi yang berkelanjutan (sustainable), sub-bidang ilmu manajemen strategi, sikap profesional, jujur, etis, proaktif, ulet, percaya diri, komunikatif dan apresiatif.
Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang kreatifitas, inovasi dan kewirausahaan, pentingnya inovasi, inovasi social dan kiwirausaahn social, sumber-sumber peluang untuk melakukan inovasi, sumber-sumber inovasi, Mencari Strategi untuk Inovasi, Dimensi dan Spektrum Inovasi, Innovation Life Cycle, mengembangkan rencana bisnis, inovasi peramalan, menilai risiko dan ketidakpastian serta penggunaan sumberdaya, mengidentifikasi usaha baru, dalam konteks Kewirausahaan, proses dan tahapan untuk membuat usaha baru, menilai peluang, pengembangan rencana bisnis, alokasi sumber daya dan pendanaan, Model Bisnis, Penggunaan Model Bisnis, Apa yang ada dalam Model Bisnis, Inovasi Model Bisnis Model Bisnis Generik dan Spesifik, membangun Model Bisnis.
Tugas Akhir
Mata Kuliah Konsentrasi merupakan pengkhususan studi yang diambil dalam sebuah jurusan yang mempelajari suatu bidang keilmuan secara lebih spesifik dan terarah. Untuk Mata Kuliah Konsentrasi Teknik Sumber Daya Air terdapat 5 Mata Kuliah yang dutawarkan tetapi mahasiswa hanya 4 Mata Kuliah yang ditempuh dengan total SKS yaitu 12 SKS.
Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Air Terpadu adalah mata kuliah yang mencakup manajemen sumber daya air secara terpadu terkait beberapa aspek.
Mata kuliah ini membahas pembelajaran tentang hidrolika khususnya unsur geometrik, tekanan air, konsep aliran, kehilangan energy pada aliran, aliran pada saluran terbuka dan tertutup serta pengolahan data hidroklimatologi dalam mendukung perancangan sumber daya air secara terintegrasi.
Mata kuliah permodelan bidang keairan membahas tentang aliran air dalam pipa, aliran mantap memalui sistem pipa, aliran air di saluran terbuka dan model hidraulika meliputi: model fisik dan analisis dimensi. Topik yang akan dipelajari dalam mata kuliah ini adalah aliran zat cair melalui pipa, kecepatan rerata aliran, aliran zat cair melalui pipa bukan lingkaran, pengaruh umur pipa pada pengaliran, aliran mantap melalui sistem pipa, aliran mantap melalui turbin dan pompa, aliran mantap melalui jaringan pipa, aliran mantap dan tidak mantap melalui saluran terbuka, aliran seragam dan aliran tidak seragam, konsep energi khas, aliran berubah beraturan dan berubah secara cepat, konsep hitungan profil muka air, konsep pemodelan hidraulik, konsep analisis dimensi.
Mata kuliah ini membahas pembelajaran tentang tata kelola air tanah dimulai dari sejarah penggunaan air tanah, lapisan air mengandung air tanah, hidrolika air tanah dalam mendukung perancangan sumber daya air secara terintegrasi.
Uraian tentang arti dan fungsi pelabuhan, oceanografi, pasang surut, gelombang arus, angin, bangunan pelabuhan, pemecah gelombang, dermaga, pengolahan dan perencanaan pelabuhan
Mata Kuliah Konsentrasi merupakan pengkhususan studi yang diambil dalam sebuah jurusan yang mempelajari suatu bidang keilmuan secara lebih spesifik dan terarah. Untuk Mata Kuliah Konsentrasi Teknik Struktur terdapat 5 Mata Kuliah yang dutawarkan tetapi mahasiswa hanya 4 Mata Kuliah yang ditempuh dengan total SKS yaitu 12 SKS.
Dalam mata kuliah ini akan mendesain bangunan gedung secara utuh sesuai SNPM (Standar Norma Peraturan dan Manual) terbaru yang menggunakan representatif material berupa beton bertulang, baja struktural dan kayu.
Metode Elemen Hingga adalah salah satu metode numerik yang cocok diterapkan untuk menghitung gaya-dalam (internal forces) pada berbagai kasus di bidang rekayasa. Proses analisis dilakukan berdasarkan metode kekakuan yang disajikan dalam formulasi matriks. Keunggulan metode elemen hingga antara lain kemampuannya untuk memodelkan berbagai bentuk geometri struktur yang tidak beraturan, juga aspek nonlinieritas dalam hal geometri maupun material. Bagian awal membahas prinsip analisis dengan pemodelan elemen satu-dimensi (line element) meliputi balok (beam), rangka (truss), portal-kaku (rigid frame), balok-silang (grid), dan pegas-elastis (elastic spring). Bagian selanjutnya membahas analisis dengan pemodelan elemen dua-dimensi (plane element) meliputi plane stress, plane strain, plate bending, elemen tiga-dimensi (solid element) maupun axisymmetric element namun hanya disajikan dalam garis besar.
Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan kemampuan menggunakan analisa keandalan bangunan, kegagalan bangunan dan kerusakan bangunan,. Matakuliah ini juga membahas tentang metode perbaikan struktur beton dan bangunan serta contoh-contoh kasus
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar rekayasa gempa meliputi aspek geologi gempa, konsep getaran harmonis dan frequency alami single- and multi-degree of freedom systems (SDOF and MDOF), tata cara perhitungan beban gempa dengan metoda statik ekivalen, kinerja bangunan beton, bata, baja dan baja ringan saat terjadi gempa, pengantar teknologi terbaru dalam merancang bangunan penahan beban gempa, penelitian-penelitian mengenai struktur dan kegempaan.
Mata kuliah ini mempelajari tentang aplikasi program komputer di bidang Teknik Sipil, yaitu program SAP2000 (Structural Analysis Program), ETABS (Extended 3D Analysis of Building Systems), Autodesk Revit dan Ms Project
Mata Kuliah Konsentrasi merupakan pengkhususan studi yang diambil dalam sebuah jurusan yang mempelajari suatu bidang keilmuan secara lebih spesifik dan terarah. Untuk Mata Kuliah Konsentrasi Teknik Struktur terdapat 10 Mata Kuliah yang dutawarkan tetapi mahasiswa hanya 4 Mata Kuliah yang ditempuh dengan total SKS yaitu 12 SKS.
Matakuliah ini berisi konsep dasar ilmu ekonomi teknik dan penerapannya dalam analisa kelayakan aspek ekonomi investasi proyek, yang terdiri dari konsep dasar ekonomi teknik, bunga dan rumus bunga, nilai waktu dari uang, pemilihan alternatif-alternatif ekonomi, net present value (NPV), internal rate of return (IRR), profitability indeks (PI), payback period (PP), break even point (BEP), benefit cost ratio (B/C), analisis sensitivitas dan risiko.
Matakuliah ini berisi pemahaman konsep tentang Aspek Hukum menyangkut pengadaan barang dan jasa, larangan praktek monopoli, peran dan usaha masyarakat dan tindak pidana konstruksi.
Mata kuliah manajemen risiko berisi mengenai pengenalan risiko dan uncertainly, tipe-tipe risiko dan identifikasi risiko dan teknik identifikasi risiko, sistem pengambilan keputusan dan metode AHP
Mata kuliah Perencanaan Pembangunan Daerah merupakan salah satu mata kuliah wajib yang mengkaji tentang teori perencanaan, paradigma pembangunan, sistem perencanaan pembangunan nasional dan daerah, pembangunan berkelanjutan, Sustainable Development Goals (SDGs), SDGs dalam pembangunan daerah, kompetensi SDGs, Design Thinking, kota dan permukiman berkelanjutan, infrastruktur berkelanjutan, komunikasi pembangunan, dan perancangan kota.
Mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi permasalahan pembangunan kota terkini, mampu menganalisis preseden pembangunan kota yang baik, mampu mengevaluasi kondisi permasalahan suatu persoalan perkotaan, serta mampu merumuskan solusi dari permasalahan yang ada.
Mata kuliah Perencanaan Pembangunan Daerah merupakan salah satu mata kuliah wajib yang mengkaji tentang jenis emisi dan sumbernya, fenomena emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebagai tantangan untuk kota-kota di dunia, konsepsi Low Carbon Development dan Low Carbon Urban Mobility, prinsip bangunan hemat energi, air, dan material, perubahan iklim, dasar dan pengembangan konsepsi Urban Acupuncture, dampak pembangunan kota terhadap kesehatan masyarakat, penataan lanskap perkotaan, konsepsi sistem transportasi perkotaan di masa depan, isu terkini terkait emisi karbon dalam studi kasus, dan eksplorasi gagasan perancangan sebagai respon terhadap isu terkini terkait emisi karbon.
Matakuliah ini mengkaji tentang perencanaan, proses dan sistem informasi perencanaan, serta penerapan sistem informasi perencanaan dan sistem informasi perencanaan, serta penerapan sistem informasi perencanaan dalam penataan ruang wilayah.
Mata kuliah Desain Ekologis merupakan salah satu mata kuliah wajib yang mengkaji tentang pengelolaan Sumber Daya Alam yang berprinsip ekologis dan ramah terhadap lingkungan. Isu-isu terkini terkait manajemen sumber daya alam dalam studi kasus, dan eksplorasi gagasan perancangan sebagai respon terhadap lingkungan menjadi salah satu metode pembelajaran yang dikembangkan
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip penghematan energi dalam sistem pembangunan berkelanjutan sesuai konsep bangunan hijau (green building) serta teknik-teknik dan inovasi untuk menyelaraskan antar pembangunan konstruksi dengan sumber daya alam yang terbatas secara cerdas dalam mendesain bangunan dan infrastruktur agar memenuhi tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Pembahasan meliputi pengetahuan tentang pengolahan site, efisiensi energi, efisiensi air, material, proses-proses, siklus dan sistem yang relevan dan interaksinya dengan tahapan pembangunan, baik pada tahap perancangan, pembangunan, pemanfaatan maupun audit bangunan existing.
Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) adalah mata kuliah yang mempelajari kondisi spasial dan merencanakannya untuk kebutuhan masa depan. Ruang lingkup penelitiannya dimulai dari skala lingkungan, kota hingga skala wilayah beserta unsur-unsur di dalamnya, termasuk unsur fisik dan sosial.
Mata Kuliah Konsentrasi merupakan pengkhususan studi yang diambil dalam sebuah jurusan yang mempelajari suatu bidang keilmuan secara lebih spesifik dan terarah. Untuk Mata Kuliah Konsentrasi Teknik Struktur terdapat 9 Mata Kuliah yang dutawarkan tetapi mahasiswa hanya 4 Mata Kuliah yang ditempuh dengan total SKS yaitu 12 SKS.
Pada mata kuliah ini akan mempelajari mengenai pengertian, peran, dan permasalahan dalam perancangan geometrik jalan; definisi dan klasifikasi jalan dan kendaraan rencana; karakteristik kecepatan; Persyaratan teknis jalan dan kriteria perencanaan teknis jalan, Jarak pandangan henti dan jarak pandang menyiap; Konsep perancangan jalan berkeselamatan (forgiving road, self explaining road, self regulating road); Alinyemen horizontal dan vertikal dalam perancangan geometrik jalan (interpretasi peta topografi, diagram superelevasi, jari-jari tikungan, jenis tikungan, lengkung peralihan, pelebaran perkerasan pada tikungan, indikator keselamatan pada tikungan, potensi kecelakaan berkendaraan yang dipicu penyimpangan desain teknis jalan di lapangan (Road Safety Inspection (RSI) & Road Safety Audit (RSA)), pengenalan dampak lingkungan akibat pembangunan jalan dan solusi penanganannya. Sehingga setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat memahami konsep perancangan geometrik jalan dan melakukan perancangan geometrik sesuai dengan standar yang berprinsip pada keselamatan berlalu lintas.
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang standar desain dari berbagai aspek dan pengklasifikasian jalan. Mahasiswa belajar merancang perkerasan lentur dan kaku dengan berbagai metode untuk konstruksi baru, bertahap, dan lapisan tambahan berdasarkan berbagai parameter yang didapat atau dihitung. Mahasiswa belajar menghitung tegangan yang terjadi pada lapisan perkerasan
Mata kuliah ini membahas mengenai sistem transportasi yang meliputi komponen sistem transportasi, perkembangan transportasi, trend tranportasi masa depan, sistem moda, pergerakan manusia dan barang, sistem operasi dan pengendalian, terminal, pengantar rekayasa lalulintas, kinerja sarana dan prasarana tranportasi, manajemen lalu lintas, jaringan tranportasi dan tata guna lahan, aspek ekonomi dalam transportasi, aspek keselamatan dan hukum serta aspek lingkungannya serta transportasi berkelanjutan.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjut yang membahas tentang konsep system transportasi, perencanaan trasportasi, perkembangan transportasi, serta dampak teknologi dan lingkungan terhadap transportasi.
Menbahas Konsep Rekayasa Lalu Lintas ( RLL) dan Teknik Lalu lintas, Konsep Kecepatan, Konsep Hubungan antara Kecepatan, Volume dan Kepadatan Arus Lalu Lintas, Konsep Kapasitas dan Tingkat Pelayanan dan Kinerja Jalan, Konsep Rancangan Lalu Lintas Pada Persimpangan Lampu lalu lintas, Konsep Jalinan dan Bundaran, Konsep Persimpangan Tak Bersinyal , Konsep Rancangan Lampu Pengatur Lalu Lintas di Persimpangan, Konsep Perancangan Lampu Pengatur Lalu Lintas, Konsep Perparkiran, Konsep Terminal, Konsep Rambu dan Marka Jalan.
Transportasi angkutan umum salah satu solusi transportasi perkotaan yang berkelanjutan, maka sistem angkutan umum harus direncanakan dengan baik, dengan memperhitungkan kebutuhan pengguna, realibilitasnya tinggi, waktu tempuhnya pendek, nyaman, murah, dan keselamatan tinggi, untuk menarik sebagian besar pengguna angkutan pribadi beralih ke moda transportasi ini. Matakuliah ini dirancang agar mahsiswa mampu merencanakan angkutan umum dan pengoperasiannya sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat.
Transportasi barang memiliki peran dalam meningkatkan perekonomian suatu negara / kawasan / kota. Kelancaran transportasi barang dapat menurunkan biaya transportasi. Selain memberikan dampak positif, transportasi barang juga memberikan dampak negatif seperti kemacetan dan polusi. Perencanaan pemodelan transportasi barang sangat penting guna meminimalkan dampak negatif yang ditimbulkannya. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami konsep-konsep dasar tentang logistik, rantai pasok. Selain itu, mahasiswa mampu memodelkan transpotasi barang
Matakuliah ini memperkenalkan mahasiswa pada konsep-konsep hukum dan kebijakan yang terkait dengan industri transportasi. Mahasiswa akan memahami dasar hukum, regulasi, dan kebijakan yang mengatur berbagai mode transportasi, serta dampaknya pada operasi dan perkembangan industri transportasi.
Mata kuliah yang membahas tentang perencanaan, perancangan, pengembangan, dan manajemen sistem transportasi massal. Transportasi massal adalah sistem transportasi yang dirancang untuk mengangkut banyak orang sekaligus, seperti kereta api, bus cepat, trem, dan lainnya.
Mata kuliah ini membahas penggunaan komputasi dan perangkat lunak dalam analisis, perencanaan, dan pemodelan sistem transportasi. Matakuliah ini akan mengajarkan mahasiswa tentang penggunaan alat-alat komputasi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan transportasi, seperti perencanaan rute, manajemen lalu lintas, optimisasi jadwal, dan analisis data transportasi.