Bandar Lampung – Universitas Bandar Lampung (UBL) sukses menggelar konferensi internasional “The 5th International Conference on Economics, Business, Finance and Governance 2023 (The 5th ICEBFG) dengan mengangkat tema Tourism and Creative Business Sustainability in Revolution Industry Era. Selain international conference, kegiatan dilanjutkan dengan fieldtrip yang berlangsung selama 10 hari, mulai dari 16 sampai dengan 26 Februari 2023 di Turki yang diikuti oleh seluruh mahasiswa program Doktor (S3) Manajemen, beberapa mahasiswa Magister (S2) dan peserta dari berbagai universitas serta pengusaha pariwisata di Turki.

Kegiatan seminar internasional The 5th ICEBFG 2023 dilaksanakan pada 17 Februari 2023 bertempat di Tryp by Wyndham Istanbul Topkapi Seyitnizam Mh. Mevlana Cd. No: 79 Topkapi/Istanbul Turki dan menghadirkan keynote speaker Dr. Andala Rama Putra Barusman dari Universitas Bandar Lampung, Prof. Monica Violeta Achim dari Babes Bolyai University, Romania dan Assoc. Prof. Ilkut Elif Kandil Goker dari Kirikkale Universitesi, Turkey.

Direktur Program Pascasarjana UBL, Dr. Andala Rama Putra Barusman mengungkapkan pentingnya kegiatan konferensi ilmiah internasional dan fieldtrip ini sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa program Doktor (S3) Manajemen dan sebagai upaya dalam memberikan pengalaman dan menjawab tantangan perkembangan zaman yang pesat dalam konteks global. “Kegiatan ini memberikan pengalaman bertukar informasi, saling berdiskusi dan berbagi hasil penelitian dari teman-teman berbagai negara lain serta membangun jaringan dan kerja sama untuk selanjutnya, termasuk untuk publikasi ilmiah, kemudian penelitian bersama, student and lecture exchange, dan seterusnya,” ungkap Andala saat diwawancarai diruang kerjanya, Senin 27/02/2023.

Sementara itu, Bambang Sumbogo, salah satu mahasiswa program Doktor (S3) Manajemen yang juga Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung ungkapkan pengalamannya. “Senang sekali dapat mengikuti program ini, khususnya saat mengikuti konferensi internasional di luar negeri. Kita dapat berbagi informasi tentang isu isu global saat ini, sekaligus mendapatkan pengalaman dengan melihat langsung perkembangan negara lain, khususnya Turki,” tutup Bambang.

Selain mengikuti kegiatan akademis internasional, seluruh peserta juga berkesempatan untuk berkunjung dan mempelajari manajemen pengelolaan beberapa objek wisata di negera Turki seperti Cappadocia, Hagia Sophia, Hierapolis Ancient City, Ataturk Mausoleum, Mevlana Museum, Bursa Grand Mosque dan lainnya.

Leave a Comment