Universitas Bandar Lampung (UBL) menyelenggarakan kuliah umum bersama Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si., pada Sabtu (5/7), kemarin di Auditorium Gedung Program Pascasarjana (PPs) UBL. Kegiatan ini sebagai rangkaian Orientasi dan Matrikulasi Mahasiswa Baru (maba) Program Studi Magister Hukum (MH) Angkatan 26 dan Magister Teknik (MT) Angkatan 21 PPs-UBL.

Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA., menyambut secara resmi Maba Program Studi MH Angkatan 26 dan MT Angkatan 21 PPs-UBL. Melanjutkan jenjang studi ke tingkat Strata 2 (S2) merupakan sebuah pengorbanan yang penting untuk dihargai. Hal ini dilakukan untuk merengkuh sebuah masa depan yang lebih baik dan tentunya juga didukung oleh sebuah Universitas yang baik pula. UBL dengan usia ke 42 tahun ini telah menunjukkan sebuah kematangan dan kedewasaan dalam hal pengelolaan dunia pendidikan di Lampung, sehingga kini UBL telah menghasilkan ribuan alumni yang tersebar baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Segenap Sivitas Akademika UBL mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya memilih MH dan MT UBL untuk memenuhi kualifikasi pendidikan tingginya di jenjang Pascasarjana. Diharapkan kita mampu untuk menghadapi kompetensi global dan mengoptimalkan SDA dan SDM. Untuk itu, diperlukan interaksi antar disiplin ilmu, salah satunya kuliah umum ini yang dapat menjadi sarana pengkajian ilmu kemaritiman,” tutur Rektor.

Sementara itu, pada kesempatan ini, Direktur PPs-UBL, Dr. Agus Wahyudi, MS., menerangkan bahwa melanjutkan studi pada Program Pascasarjana UBL merupakan pilihan yang tepat demi meningkatkan kualitas pendidikannya. Hal ini periu dilakukan para mahasiswa untuk membuat progress kemajuan yang lebih baik pada bidang karirnya masing-masing. Selain itu, maba MH Angkatan 26 dan MT Angkatan 21 diwajibkan untuk melakukan penegakan terhadap 3 (tiga) pilar seperti pengembangan integritas, relationship dan pengembangan kapasitas.

“Pascasarjana UBL merupakan pilhan yang tepat mengembangkan potensi diri dan menimba ilmu serta untuk menghasilkan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama dalam dunia pendidikan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan selain mengadakan kegiatan Orientasi dan Matrikulasi Maba Program Studi MH Angkatan 26 dan MT Angkatan 21, UBL menghadirkan Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si., untuk memberikan wawasan kepada masyarakat luas mengenai tugas dan fungsi utama Pangkalan TNI AL Lampung.

Dalam kuliah umum ini, Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si., memaparkan materi mengenai fungsi utama Pangkalan TNI AL Lampung yakni melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan dengan tema Bersama Rakyat TNI Kuat. Kuliah umum ini akan dibagi kedalam tiga segmen diantaranya tugas pemberdayaan wilayah pertahanan, 4 (empat) pilar kebangsaan, dan sekilas tentang kekuatan laut. Selain itu, dalam kuliah umum ini juga memperkenalkan ilmu kemaritiman.

Leave a Comment