Sebanyak 164 mahasiswa baru Pascasarjana dari Program Magister Teknik (Angkt.18) dan Magister Hukum (Angkt.13) Universitas Bandar Lampung (UBL), Sabtu pagi (12/11) mengikuti  orientasi dan matrikulasi di Gedung Pascasarjana. Matrikulasi ini merupakan agenda rutin yang dilakukan sebelum mahasiswa baru mengikuti perkuliahan reguler. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Bandar Lampung, Ir. Yusuf S. Barusman mengatakan bahwa UBL merupakan pioner Perguruan Tinggi Swasta yang membuka program Pascasarjana diwilayah Sumbagsel, selain Univeristas Sriwijaya (Unsri).’’Sejak dibuka tahun 1997 silam, program Pascasarjana UBL mendapatkan respon yang baik dari masyarakat terutama untuk wilayah Lampung dan sekitarnya. Dan hingga saat ini kami telah memiliki alumni hingga 2000 orang,’’ jelas Yusuf.

Kredibilitas lulusan Pascasarjana menurut Rektor tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya sudah mendapat izin dari Dikti, dan lulusannya telah berkiprah diberbagai sektor, mulai dari pimpinan daerah, pemimpin BUMN, hingga menjadi pejabat tinggi di instansi perbankan. ‘’ Sampai saat ini saya belum menerima satupun complain atau keluhan dari manapun terkait lulusan dari UBL. Kita telah memiliki nama dan dikenal oleh masyarakat luas, bahkan hingga luar negeri. Jadi anda tidak perlu merasa ragu untuk bergabung menjadi civitas akademik di UBL,’’ ungkap Rektor

Menurut Rektor, lulusan yang kredibel tentunya didukung oleh staff pengajar yang ada. Pengajar-pengajar yang ada disini, merupakan pengajar yang telah memiliki pengalaman dalam berbagai bidang. ‘’ Kami sengaja merekrut tenaga pengajar yang memang berkualitas, bahkan kami telah ‘membuang’ jauh-jauh dosen-dosen yang dianggap ‘killer’ oleh mahasiswa,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana, Dr.Agus Wahyudi, MS mengungkapkan sebagai institusi kami akan merancang sebaik mungkin perkuliahan ini dengan berdasar pada kebutuhan mahasiswa. Dari pengalaman yang sudah ada, materi dan dosen sudah memenuhi kebutuhan mahasiswa.’’ Di pascarsajana perkuliahan dilakukan dengan persentase 100 % artinya dosen yang ada selalu hadir tepat waktu. Dosen disini tidak boleh mangkir dari pekerjaan, karena jika hal tersebut terjadi dosen akan mendapat teguran,’’ tambah Agus.

Dari angkatan yang sudah ada, Agus menjelaskan, semuanya lulus tepat pada waktunya. Karena semuanya telah didesain sesuai rencana. Mahasiswa Pascasarjana harus lulus dalam kurun waktu 4 semester. ‘’ Semua prosedur yang sesuai standar pendidikan sejauh ini telah dilakukan pada tiap program studi di UBL baik Program Sarjana maupun Pascasarjana’’. Semuanya telah kami persiapkan dengan baik. Makanya kami butuh kerjasama dari mahasiswa,’’ tandasnya (Vra).

Leave a Comment